Upacara dan Api Unggun SD Labschool Unnes 2016

Jumat - 19 Agustus 2016 (rifanfajrin.com) - Upacara dan Api Unggun SD Labschool Unnes 2016





Gerakan Pramuka di sekolah merupakan sebuah wadah untuk membina sekaligus memfasilitasi para siswa untuk menumbuhkan karakter mulia, membentuk mereka menjadi generasi-generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, anak-anak yang mandiri, terampil dan cekatan, bersahaja, serta memiliki rasa hormat yang diwujudkan melalui serangkaian kegiatan yang menarik dan menyenangkan. 

Salah satu kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menjadi tantangan bagi siswa adalah kegiatan berkemah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SD Labschool Unnes kembali mengadakan kegiatan kemah Pramuka dengan tema "Tumbuh Kembangkan Budi Pekerti melalui Kegiatan Persami" yang dilaksanakan pada hari Jumat - Sabtu, 19 - 20 Agustus 2016. Kegiatan Perkemahan Jumat - Sabtu (Perjumsa) tahun ini dilaksanakan di lapangan SD Labschool Unnes. Kegiatan ini diikuti oleh 60-an peserta dari kelas 4 dan 5 SD Labschool Unnes.

Kegiatan diawali dengan pendirian tenda oleh masing-masing regu, upacara pembukaan, dan dilanjutkan dengan beberapa perlombaan, yaitu Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Lomba kerapian dan keindahan tenda.

"Dengan materi Peraturan Baris Berbaris ini, semoga dalam diri anak-anak tumbuhlah sikap jasmani yang tegap, tangkas, dan juga memupuk rasa disiplin dan tanggung jawab," kata Dika Prestama, selaku ketua panitia menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya lomba.

Pada malam harinya, tibalah saatnya kegiatan yang telah dinantikan oleh para peserta, yaitu Kegiatan Api Unggun dan Pentas Seni. Pada kegiatan tersebut, Muhammad Mukhlas selaku kakak pembina menyatakan kebanggaannya melihat kemandirian para peserta sejak awal kegiatan yaitu saat pendirian tenda.

"Pramuka itu mandiri. Dengan kegiatan inilah kalian akan berlatih untuk mandiri. Di sini kalian juga mencuci piring sendiri setelah makan. Saya berharap kemandirian ini juga diterapkan juga di rumah masing-masing."

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyalakan api unggun dan pentas seni (klik untuk melihat video)


Hari ke dua, Sabtu 20 Agustus, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah, senam pagi, sarapan pagi, dan out bond.

Kemudian kegiatan diakhiri dengan penurunan tenda dan upacara penutupan.





Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon