SD Labschool Unnes Meriahkan Karnaval Apitan Kelurahan Sampangan tahun 2016

SD Labschool Unnes Meriahkan Karnaval Apitan Kelurahan Sampangan tahun 2016


SD Labschool Unnes ikut berpartisipasi dalam karnaval Apitan Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang pada Sabtu, 27 Agustus 2016. Berjalan dengan mantab di barisan depan, rombongan SD Labschool Unnes yang diwakili oleh belasan siswa itu bertugas membawa kembang manggar dan bendera merah putih. Mereka didampingi oleh Ibu Yulia Nur Anggraeni, Ibu Kustimah Nurosyida, Ibu Sari Mahfiroh, dan Bapak Suliyan.

Meski berjalan cukup jauh di bawah terik matahari menelusuri jalan utama Kelurahan Sampangan, anak-anak tidak mengeluh. Mereka juga tidak menampakkan raut wajah yang muram, justru sebaliknya, para siswa memperlihatkan raut wajah yang semangat dan ceria.

Setiap tahun, warga Kelurahan Sampangan selalu menyelenggarakan Tasyakuran/Apitan yang kini sudah menjadi tradisi tersebut. Acara tasyakuran tersebut diselenggarakan pada bulan Apit (menurut sistem kalender penanggalan Jawa), oleh sebab itu kemudian disebut sebagai "APITAN". 

Dalam Kalender Jawa, nama Apit disebut juga dengan Sela. Berdasarkan beberapa sumber yang telah kami baca, nama-nama ini merupakan peninggalan dari Jawa Kuna untuk nama musim yang ke-11 yaitu HAPIT LEMAH. Sela berarti batu yang berhubungan dengna lemah, yang artinya "Tanah". Sementara itu, nama lain Apit berdasarkan kalender Islam (Hijriyah) adalah bulan Dzulkaidah (Dulkangidah), bulan sebelum Dzulhijah/Besar/Bulan Haji.

Tahun ini Perayaan Apitan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2016. Tasyakuran/Apitan diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME sekaligus permohonan doa dari warga kelurahan sampangan agar senantiasa diberikan keselamatan, ketentraman, dan kesejahteraan. Setiap warga turut serta dalam perayaan tersebut dengan mengikuti karnaval melintasi jalan utama kelurahan.


Rombongan SD Labschool berpose dulu sebelum berangkat. :)

Kegiatan Apitan warga Kelurahan Sampangan tahun ini diawali dengan doa bersama/selamatan di Balai Kelurahan Sampangan pada hari Jumat, 26 Agustus 2016.

Pada hari ke-2, Sabtu 27 Agustus, kegiatan diisi dengan Karnaval Apitan yang dimulai pada pukul 13.00 hingga selesai. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian Kuda Lumping "Turonggo Seto" yang dilaksanakan di Lapangan Pegandan Sampangan (Lapangan depan SD Labschool Unnes).

Sebagai penutup rangkaian acara Apitan adalah Pentas Wayang Kulit semalam suntuk bersama dalang Ki Klelur Gagak Sipat dari Kabupaten Boyolali di halaman Kantor Kelurahan Sampangan. 

Berikut ini adalah dokumentari foto-foto yang lain:





Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon