Rangka dan panca Indra Manusia

Rangka dan panca Indra Manusia
Berikut merupakan materi IPA kelas 4 SD bab I tentang rangka dan panca indera manusia. manusia membutuhkan tulang-tulang untuk menopang tubuhnya. Susunan tulang-tulang tersebut dinamakan rangka manusia. Adapun panca Indera merupakan kelengkapan tubuh yang terdiri dari indera penglihatan, indera pencium, indera peraba, indera pendengaran, dan indera pengecap.
  1.  MENGENAL RANGKA MANUSIA
Rangka merupakam tulang-tulang yang tersusun secara teratur. Rangka juga mempunyai fungsi antara lain : penopang dan penunjang tegaknya tubuh, memberi bentuk tubuh dan melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak. Bagian-bagian rangka terdiri dari,
a)      Rangka Kepala
tengkorak 2
Rangka kepala pada bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang-tulang yang membentuk wajah adalah tulang dahi, tulang hidung, tulang rahang atas dan tulang rahang atas. Selain itu wajah manusia dipengaruhi oleh otot wajah. Oleh karena itu wajah manusia terlihat lonjong, bulat atau persegi.
b)      Rangka Badan
Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dimulai oleh tujuh ruas tulang. Tulang leher bersambungan dengan tulang punggung hingga tulang ekor.
organ-tubuh-manusia-450
c)      Rangka anggota gerak
Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan bawah. Anggota gerak atas disebut lengan(tangan). Anggota gerak bawah disebut juga kaki. Rangka lengan dibentuk oleh tulang lengan atas, hasta, pengumpil, pergelangan tangan, telapak tangan dan jari tangan. Sedangkan rangka kaki dibentuk oleh tulang paha, tempurung lutut, betis, tulang kering, pergelangan kaki, telapak kaki dan jari kaki.
d)      Sendi
macam-sendi-manusi-putar
Rangka tubuh dapat kita gerakan karena adaya kerjasama antara tulang, sendi dan otot. Sendi adalah bagian yang menghubungkan dua tulang sehingga tulang dapat digerakan .
2. MENGENAL ALAT INDRA MANUSIA
a)      Mata (indra penglihat)
Mata merupakan indra penglihat. Mata berfungsi untuk melihat benda-benda disekitar ataupun yang lainya. Bentuk mata seperti bola bekel atau bola pingpong. Mata terdiri dari kornea, iris, lensa, retinapupil, syaraf mata.
th
b)      Telinga (indra pendengar)
Telinga merupakan indra pendengar. Telinga sebagai indrapendengar peka terhadap rangsang bunyi.
ghghgh
c)      Lidah (indra pengecap)
Lidah terletak didalam mulut. Permukaan lidah kasar karena penuh bintil-bintil, bintil-bintil itu disebut papilla. Pada bintil-bintil lidah terdapat syaraf pengecap. Syaraf inilah yang membedakan rasa: asin, manis, pahit, asam. Seluruh bagian permukaan lidah memiliki kepekaan yang sama dalam mengecap berbagai rasa tersebut.
nn
d)      Hidung (indra pembau)
Hidung merupakan indra pembau. Hidung berfungsi sebagai indra pembau dan sebagai jalan pernapasan. Bagian hidung yang sangat sensitive terhadap bau pada bagian atas rongga hidung. Hidung merupakan pintu masuk udara pernapasan kedalam tubuh.
hhhsh
e)      Kulit (indra peraba)
Seluruh tubuh kita dilapisi oleh kulit. Kulit berfungsi sebagai indra peraba. Dengan kulit kita dapat membedakan permukaan kasar dan permukaan yang halus. Demikian juga kita dapat menbedakan benda panas dan dingin. Kulit juga berfungsi sebagi pelindung tubuh dengan cara melapisi tubuh.
ggg
close