Pengertian Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

Dataran Tinggi
Dataran Tinggi adalah Dataran luas yang letaknya di daerah tinggi atau pegunungan disebut dataran tinggi. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Dataran tinggi dinamakan juga plato (plateau), misalnya Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, atau Dataran Tinggi Alas. Dataran tinggi biisa juga terjadi oleh bekas Kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Misalnya Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah) yang diduga oleh proses seperti itu.

Dataran Rendah
Dataran rendah adalah tanah yang keadaannya relatif datar dan luas sampai ketinggian sekitar 200 m dari
permukaan laut. Tanah ini biasanya ditemukan di sekitar pantai, tetapi ada juga yang terletak di pedalaman. Di Indonesia banyak dijumpai dataran rendah, misalnya pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa Barat, pantai selatan Kalimantan, Irian Jaya bagian barat, dan lain-lain. Dataran rendah terjadi akibat proses sedimentasi. Di Indonesia dataran rendah umumnya hasil sedimentasi sungai. Dataran rendah ini disebut dataran aluvial. Dataran aluvial biasanya berhadapan dengan pantai landai laut dangkal. Dataran ini biasanya tanahnya subur, sehingga penduduknya lebih padat bila dibandingkan dengan daerah pegunungan
DAERAH PANTAI
Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan dengan laut. Penduduk daerah pantai mempunyai karektaristik
yang disesuaikan dengan keadaan daerahnya. Sebagian besar pendududk daeah pantai bekerja sebagai nelayan , hal ini di sebabakan kondisi wilayah yang dekat dengan laut, disamping itu disebabkan juga oleh kondisi tanah yang tidak cocok untuk bercocok tanam. Aktivitas transportasi dan perdagangan membentuk karakteristik  pendududk sekitar pantai, berprofesi sebagai  pedagang, buruh pelabuhan, dan aktivitas lain penunjang aktivitas perdagangan dan transportasi. Pemukiman nya biasanya membentuk pola memanjang mengikuti garis pantai. Suhu pantai yang mencapai  , mengakibatkan pendududk daerah pantai berkulit agak gelap. Jika berbicara harus agak keras karena beradu dengan gemuruh ombak.
close