Sekelumit Teori Cerita dan Cerita Anak

rifanfajrin.com - Teori dan Pengertian Cerita Anak


Pada artikel kali ini, akan sedikit dipaparkan mengenai teori dan pengertian cerita atau cerita anak. Dari beberapa sumber yang berhasil dihimpun, dapat dijelaskan pengertian cerita dan cerita anak sebagai berikut.

Cerita adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang, baik kejadian yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka. Setiap orang memerlukan cerita, demikian pula anak-anak, karena didalam sebuah cerita, banyak nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diambil manfaatnya.

Salah satu bentuk karya sastra yang bisa dibaca atau hanya didengar oleh orang yang tidak bisa membaca, memiliki keindahan dan kenikmatan tersendiri, dan memberikan pengalaman adalah cerita anak. Selain sebagai bacaan penghibur, pada umumnya cerita anak mengutamakan unsur pendidikan dan ajaran budi pekerti. Hal yang penting dan bermanfaat dari cerita anak yaitu sebagai pengasah rasa simpati dan perbuatan baik. Tarigan (1995:5) menyatakan bahwa, cerita anak adalah cerita yang mencerminkan perasaan dan pengalaman anak-anak masa kini, yang dapat dilihat dan dipahami melalui mata anak-anak. 

Cerita anak adalah media seni yang mempunyai ciri-ciri tersendiri sesuai dengan selera penikmatnya, karena cerita anak ditujukan untuk anak-anak, yang sedang dalam poses kreatif. Cerita anak merupakan sastra anak-anak yang memberikan pengalaman, mengembangkan wawasan, dan dapat membantu menanamkan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. Informasi dan peristiwa yang terkandung dalam cerita anak berpengaruh pada pembentukan moral dan akal anak, dalam kepekaan rasa, imajinasi, dan bahasanya (Majid 2001:4).

Sarumpaet (dalam Subyantoro 2007:10) menyatakan bahwa sastra anak, termasuk di dalamnya cerita anak adalah cerita yang ditulis untuk anak, yang berbicara mengenai kehidupan anak dan sekeliling yang mempengaruhi anak, dan tulisan itu hanyalah dapat dinikmati oleh anak dengan bantuan dan pengarahan orang dewasa.

Dengan demikian, dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa cerita anak adalah sebuah cerita yang sederhana yang ditujukan untuk anak-anak dan berisi tentang kehidupan anak dengan segala aspek yang dapatmempengaruhi atau sesuai dengan perkembangan jiwa dan kognitif anak, sehingga dapat memberikan pengalaman tentang budi pekerti, nilai moral, dan membantu menanamkan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.


Demikian sekelumit teori cerita dan cerita anak yang berhasil kami himpun. Semoga bermanfaat.

Contoh cerita anak yang bagus untuk Anda baca:
>> Buku Cerita Anak Pendidikan Berkarakter - Stingy Doni (Doni Si Pelit)
>>  Dongeng para putri

Semoga bermanfaat. Salam
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon