Kesulitan yang Sering Dialami dalam Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman

rifanfajrin.com - Beberapa Kesulitan yang Sering Dialami dalam Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman

rifanfajrin.com


Pada proses Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan pendekatan pembelajaran terpadu dan  Metode GPID seringkali juga terdapat beberapa kendala. Kendala-kendala atau kesulitan yang dialami tersebut ada pada guru maupun dialami oleh siswa. Namun demikan, kesulitan yang sering muncul tersebut juga dibarengi dengan upaya dan cara mengatasinya. (Baca : Metode Membaca GPID)

Pembelajaran membaca pada siswa kelas V SD perlu dilatihkan untuk dapat mengkomunikasikan apa yang sudah mereka ketahui sebelum membaca dan isi yang sedang mereka telusuri melalui kegiatan membaca. Kegiatan membaca dapat diawali dengan memberikan stimulus tentang pengalaman siswa untuk mengarahkan pikiran dengan kepekaan siswa. Dengan demikian, sebelum memulai membaca, siswa dibiasakan menggali pengalaman mereka yang berkaitan dengan isi bacaan yang mereka baca. 

Kegiatan pemanasan pikiran tersebut diperlukan supaya siswa ketika membaca tidak dengan pikiran kosong, tetapi ada sesuatu yang dapat direspon dari isi bacaan yang akan mereka baca. Di dalam pembelajaran membaca pemahaman, seringkali siswa mengalami kesulitan untuk memahami isi bacaan dengan cepat dan optimal. Hal ini disebabkan karena siswa kurang tertarik dengan kegiatan membaca. Keadaan ini mengakibatkan pembelajaran membaca pemahaman khususnya cerita anak kurang efektif. Untuk menyikapi keadaan tersebut perlu adanya jalan keluar bagi siswa agar mampu memahami isi cerita anak, sehingga dapat memperoleh pemahaman terhadap isi bacaan dan memahami pembelajaran membaca yang diajarkan.

Adapun pendekatan dan metode yang digunakan dalam membaca pemahaman cerita anak adalah pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID. Pendekatan dan metode pembelajaran ini perlu diterapkan untuk membangun minat dan motivasi siswa dalam membaca khususnya dalam membaca pemahaman. Dalam pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu, dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa, selain siswa dapat belajar dengan kelompoknya, siswa pun juga dapat belajar sendiri melalui pengalaman tersebut. Siswa akan memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami, yaitu keterampilan membaca. Melalui metode GPID, siswa memiliki empat tahap dalam proses membaca yang akan mempermudah untuk dapat memahami isi cerita anak dan menyimpulkan isi cerita anak tersebut dalam beberapa kalimat. Selain dapat meningkatkan keterampilan membacanya, siswa juga belajar dan mempelajari keterampilan berbahasa yang lain yaitu menyimak, berbicara, dan menulis dalam satu mata pelajaran dan dalam sekali pertemuan. 

Itulah beberapa kesulitan yang seringkali muncul dalam proses pembelajaran membaca pemahaman. (baca : beberapa teori Pengertian Membaca dan beberapa teori Membaca Pemahaman)

Demikian semoga bermanfaat.
Salam :)


Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon