Siswa Labschool Unnes Berkunjung ke BPTIKP Jawa Tengah

Siswa Labschool Unnes Berkunjung ke BPTIKP Jawa Tengah

Siswa Labschool Unnes 
Berkunjung ke BPTIKP Jawa Tengah

Kamis, 17 September 2015

Sebanyak 30 anak dari sekolah kami, SD Labschool Unnes, mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Dinas Provinsi Jawa Tengah. Di sana sedang ada kegiatan Pameran Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, mulai tanggal 15-17 September 2015. Jadi, hari ini merupakan hari terakhir dari pameran tersebut. Wah tiba-tiba kami merasa beruntung sekali kami mendapat kesempatan untuk hadir di sana.


BPTIKP terletak di Jalan Suratmo-Terupolo No. 7 Kecamatan Semarang Barat. Visi BPTIKP yaitu mewujudkan masyarakat belajar di Jawa Tengah dengan memanfaatkan TIK Pendidikan. Hal itu dijabarkan dalam misi: 1) Meningkatkan pemerataan, kualitas dan relevansi pendidikan bagi masyarakat Jawa Tengah melalui pengembangan dan pemberdayaan TIK Pendidikan, dan 2) Meningkatkan pengelolaan pendidikan agar efektif dan efisien melalui pemanfaatan TIK Pendidikan. Nah, melihat visi dan misi BPTIK, seiring dengan slogan yang diusung yaitu "Teknologi Mempercepat Tercapainya Mutu Pendidikan".

Pada kunjungan tersebut, terlihat anak-anak Labschool Unnes yang terdiri dari beberapa siswa kelas 3, 4, dan 5, begitu gembira. Salah seorang di antara mereka adalah Elysa, siswi kelas 4B. Elysa mengaku senang bisa datang berkunjung ke BPTIKP. "Ya, aku senang bisa ke sana karena di sana aku bisa belajar banyak. Belajarnya juga asyik."

Begitulah kata Elysa. Teman-temannya pun menjawab hal yang senada dengan Elysa. Memangnya di sana kita bisa belajar apa saja?

Pertama, kami berkesempatan melihat-lihat ruang studio video. Di ruang inilah tempat untuk pengambilan video, misalnya syuting acara televisi edukatif. Beberapa anak malah ada yang mencoba duduk dan bergaya menjadi seorang pembaca acara berita. :)

Ruang Studio Video BPTIKP Jawa Tengah


Selanjutnya, kami masuk ke ruang sudio audio. Di studio inilah tempat untuk pengambilan suara. Di ruang ini, beberapa anak mencoba melakukan pengambilan suara. Untuk itu, kuminta untuk menyanyi bersama-sama dan melihat hasilnya langsung. Oh, ternyata suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih karena suara mereka juga bisa sedikit mendapat proses editing. Hihihi.

Ruang Studio Audio BPTIKP Jawa Tengah

Ruang Studio Audio BPTIKP Jawa Tengah

Ruang Studio Audio BPTIKP Jawa Tengah


Yang paling menarik adalah Laboratorium Astronomi, Wahana Luar Angkasa, dan Teropong Bintang. Dengan teropong bintang yang ada di BPTIKP, kita dapat mengamati benda-benda langit secara detail dan real time menggunakan teropong dengan daya jangkau 10 miliar kilometer.

Teropong Bintang di BPTIKP Jawa Tengah


Sementara itu, di Wahana Luar Angkasa (World Wide Telescope), terdapat lebih dari 52 juta gambar tiga dimensi dapat diakses dengan perangkat ini. Gambar-gambar tersebut merupakan hasil pencitraan teleskop NASA sejak tahun 1970-an. Di sana kita akan diajak untuk melihat benda-benda luar angkasa seperti menonton teater. :)


Wahana Jelajah Angkasa/Wahana Luar Angkasa BPTIKP Jawa Tengah

Wahana Jelajah Angkasa/Wahana Luar Angkasa BPTIKP Jawa Tengah


Wahana Jelajah Angkasa/Wahana Luar Angkasa BPTIKP Jawa Tengah

Wahana Jelajah Angkasa/Wahana Luar Angkasa BPTIKP Jawa Tengah


Nah, menarik sekali kan? Bila kalian para siswa ingin berkunjung ke BPTIKP Jawa Tengah, kalian bisa datang ke sana pada hari kerja. Insyaalloh kita akan diterima dengan baik dan dengan tangan terbuka di sana. Sebab, BPTIKP memang sudah berkomitmen untuk turut meningkatkan atau memajukan mutu pendidikan, tentu saja dengan teknologi. Selamat belajar! 
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon