Persiapan Ujian Skripsi >> Bedah Skripsi

Persiapan Ujian Skripsi


Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum ujian skripsi. Selain presentasi, tentu saja yang terpenting adalah bagaimana menjawab pertanyaan dari dosen penguji.

Berikut ini merupakan contoh "Bedah Skripsi" PTK (Penelitian Tindakan Kelas) tentang aspek keterampilan menulis.

BEDAH SKRIPSI
   1.     Jelaskan beberapa prinsip PTK !
a.     Pelaksanaannya tidak menganggu jalannya KBM
b.     Masalah yang dikaji  : (1) cukup merisaukan dan berpijak dari tanggung jawab profesional guru; (2) harus benar-benar nyata, terjadi pada kelas tersebut; (3) menarik; (4) mampu ditangani oleh guru/peneliti yang bersangkutan; (5) berada dalam jangkauan KEWENANGAN peneliti untuk melakukan perubahan (misal. Pedoman keberhasilan suatu penelitian yang salah satunya didasarkan pada KKM, maka KKM penelitian harus disesuaikan dengan sekolah tersebut dan bukan sebaliknya)

   2.     Hal yang mendasari pelaksanaan PTK oleh guru (peneliti) : merasa terpanggil untuk meningkatkan diri, yaitu memperbaiki kualitas PROSES & HASIL BELAJAR siswa.

   3.     PERMASALAHAN yang diangkat untuk dilakukan PTK
a.     Ada kesenjangan antara teori dengan fakta empiris (kenyataan di lapangan)
Contoh : SarPras untuk pembelajaran bahasa Indonesia sangat lengkap (memenuhi) , misal : perbandingan jumlah KBBI : siswa = 1 : 1, buku penunjang, media pembelajaran digital, lingkungan sekolah kondusif (tdk bising), dsb.. tetapi hasil belajar tidak tuntas KKM. Maka.. dapat disimpulkan ada masalah dalam KBM kelas tsb.
b.     Memungkinkan dicari penyebabnya
c.     Memiliki nilai yang bukan SESAAT, tetapi memiliki nilai STRATEGIS bagi keberhasilan pembelajaran lebih lanjut dan memungkinkan diperolehnya model tindakan efektif yang dapat digunakan untuk memecahkan MASALAH SERUMPUN.

   4.     SIKLUS pada PTK
a.   KEGIATAN pada TIAP siklus
Kegiatan pada satu siklus dengan siklus yang lain dapat berupa kegiatan yg SAMA dengan sebelumnya bila DITUJUKAN untuk MENGULANGI keberhasilan, MEYAKINKAN, atau untuk MENGUATKAN hasil. (sumber : pedoman bimbingan PTK Oleh pengawas, hal. 14)
b.   pertimbangan BANYAKnya siklus
TIDAK ADA ketentuan tentang jumlah siklus yg harus dilakukan. Bergantung pada : KEPUASAN peneliti & indikator keberhasilan yang dibuat peneliti
Misal:  jika indikator keberhasilan suatu penelitian adalah ketuntasan klasikal 85% dengan KKM = 75, maka jika pada siklus I hasil penelitian sudah memenuhi, maka TIDAK PERLU siklus II, namun ada SARAN, sebaiknya TIDAK KURANG dari DUA SIKLUS. Solusi : dilakukan siklus II dengan tujuan untuk MENGULANGI keberhasilan, MEYAKINKAN, atau untuk MENGUATKAN hasil siklus I. (sumber : pedoman bimbingan PTK Oleh pengawas, hal. ….)
   
   5.     Mengapa keterampilan MENULIS???
Mengapa peneliti memilih penelitian tentang PENINGKATAN keterampilan MENULIS dan bukan KETERAMpilan berbahasa yg lain?
Menulis merupakan salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Keterampilan menulis membutuhkan keahlian seseorang untuk mampu menggunakan bahasa secara tertulis dengan baik dan benar. Pengembangan keterampilan menulis tidak terbentuk secara otomatis, tetapi memerlukan latihan yang teratur.
        Menulis memiliki tingkat kesukaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan menyimak, berbicara, maupun membaca. Demikian salah satu pendapat guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 17 Ambarawa. Oleh karena itu, salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan adalah keterampilan menulis.
        Mengingat pentingnya keterampilan menulis, khususnya menulis teks berita pada siswa kelas VIII maka siswa perlu dibina dengan membiasakan diri mengembangkan keterampilan menulis. Hal tersebut termuat dalam kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII, yaitu menulis teks berita untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif.

    6.       INDIKATOR KETERCAPAIAN
Jelaskan indikator ketercapaian keterampilan menulis teks berita sesuai yang tertulis pada dokumen silabus BSNP !!
Indikator yang harus dikuasai siswa untuk mencapai kompetensi dasar tersebut, yaitu (1) siswa mampu menyimpulkan pengertian poster, (2) siswa mampu menyimpulkan karakteristik poster, (3) siswa mampu menulis poster dengan  pilihan kata yang tepat, kalimat yang bervariasi, serta persuasif, dan (4) siswa mampu menyunting poster yang ditulis teman.

    7.       FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA
Jelaskan faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP 17 Bawen !!
Berdasarkan identifikasi awal oleh peneliti (melalui wawancara peneliti, analisis nilai keterampilan menulis teks berita kls VIII tahun pelajaran dua tahun sebelumnya & wawancara dengan guru mapel), didapatkan fakta : dua faktor yg mempengaruhi : faktor internal & eksternal.Pejelasannya sbb.
Faktor internal yang mempengaruhi pembelajaran menulis poster ada empat hal. Pertama, siswa merasa pembelajaran menulis adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan. Kedua, siswa merasa kesulitan memilih kata-kata yang persuasif pada poster yang mereka tuliskan. Ketiga, siswa merasa sulit menuangkan ide dalam poster yang akan mereka tuliskan. Keempat, siswa merasa bingung menggunakan gambar yang mendukung poster yang akan ditulis.
Faktor eksternal yang mempengaruhi pembelajaran menulis poster ada dua hal. Pertama, yaitu faktor dari guru atau pengajar. Kedua, sarana dan prasarana sekolah.

   8.    RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan pada siklus I sama

    9.    HASIL PENELITIAN
ØHasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh dari siklus I dan siklus II.
Ø Penelitian ini dilakukan dalam empat kali pertemuan, yaitu dua pertemuan untuk siklus I dan dua pertemuan untuk siklus II.
Ø Hasil penelitian siklus I dan siklus II terdiri atas hasil tes dan nontes.
Ø Hasil tes siklus I merupakan hasil tes keterampilan menulis teks berita untuk mengetahui kondisi awal siswa   dalam menulis teks berita dengan pendekatan investigasi kelompok (tema teks berita = kegiatan bersih-bersih di sekolah dalam rangka menyambut penilik sekolah).
ØHasil tes siklus II merupakan perbaikan hasil tes siklus II (tema teks berita = Candi Ngempon)
ØHasil tes siklus I dan siklus II tersebut diuraikan dalam bentuk data kuantitatif.
Ø Hasil nontes pada siklus I dan II berupa : (1) hasil observasi; (2) hasil catatan harian guru; (3) hasil catatan harian siswa; (4) hasil wawancara dan dokumentasi yang diuraikan dalam bentuk deskriptif.

    10.  PELAKSANAAN SIKLUS
Apakah pertimbangan dilakukannya siklus II?

Karena pada siklus I hasil tes belum mencapai ketuntasan, selain itu masih dijumpai perilaku negatif siswa saat pembelajaran menulis teks berita berlangsung. Intinya, siklus II bertujuan MEMPERBAIKI hasil tes dan MENGURANGI perilaku negatif siswa.

 _________________________

Demikianlah contoh Persiapan Ujian Skripsi. Semoga bermanfaat terutama bagi mereka yang hendak melaksanakan ujian skripsi. :) Good Luck!
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon