Belajar, Bermain, dan Menjelajah Alam Sekitar bersama Omah Keboen Unnes

Omah Keboen Unnes

Belajar, Bermain, dan Menjelajah Alam Sekitar 
bersama Omah Keboen Unnes

Selasa, 22 September 2015

Kebetulan hari ini aku tidak mengajar. Ada mahasiswa PPL yang sedang praktik mengajar mandiri di kelasku. Mungkin karena itu, sekolah menugaskanku untuk mengantar tiga siswa ke Laboratorium Biologi FMIPA Unnes dalam rangka BIO-LAB EXPO 2015 dengan tema "Inovasi untuk Konservasi".

Acara tersebut sudah sejak Minggu, 20 September kemarin. Sementara acara untuk hari ini, tiga anak kami yaitu, Alya Rizqina, Farrel Afif Wijaya, dan Zweta Bintang Pramesti mendapat kesempatan untuk mengikuti "Lomba Jelajah Alam Sekitar." Alhamdulillah mereka mendapat juara III. :)

Nah, itu saja ceritanya. Hihihi. Cuman, bagi kalian yang ingin tahu tentang apa dan bagaimana sih Omah Keboen Unnes, berikut ini sedikit informasi tentangnya.

Sekilas tentang Omah Keboen Unnes

Omah Keboen merupakan program yang dikembangkan oleh Jurusan Biologi FMIPA Unnes yang menawarkan perpaduan antara kegiatan wisata, pembelajaran, dan kewirausahaan. Kegiatan ini akan mengajak pengunjung untuk belajar melalui aktivitas yang dikemas dalam bentuk atraksi wisata melalui berbagai games dan kegiatan simulasi yang bersifat menyenangkan. Paket yang ditawarkan dalam program ini adalah Paket JAS, Paket Rusa, Paket Outbond, Paket Nang Kupu, dan Paket Ketan.

1) Paket JAS (Jelajah Alam Sekitar)

JAS merupakan program outdoor activities yang mengajak peserta membangun konsep ilmiah, mengeksplorasi Kebun Wisata Pendidikan (KWP) Unnes, mengenal keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna dengan praktik di Kebun Bibit Kampus (KBK), kunjungan ke Rumah Anggrek, dan Rumah Penangkaran Kupu-Kupu.

2) Paket Rusa (Rumah Sains)

Paket Rusa merupakan kegiatan indoor berupa jelajah laboratorium biologi. Berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan dalam kegiatan ini antara lain:
  1. Pengenalan bermacam-macam laboratorium biologi, seperti laboratorium genetika, mikrobiologi, biokimia, fisiologi hewan, fisiologi tumbuhan, kultur jaringan, taksonimi hewan, dan taksonomi tumbuhan.
  2. Demo eksperimen biologi (sesuai kebutuhan).
  3. Biology Movie Session.
  4. Jika menghendaki eksperimen khusus, akan dikenakan biaya tambahan sesuai jenis eksperimen.
3) Paket Outbond
Merupakan program outbond training yang dirancang bagi siswa SD, SMP, SMA, maupun mahasiswa dan umum. Kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan ini disajikan dalam bentuk permainan-permainan edukatif yang menarik dan menantang. Peserta akan mendapatkan pengalaman atau keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Materi outbond yang ditawarkan antara lain:

  1. Mengenali dan memahami potensi diri.
  2. Menumbuhkan kepercayaan diri.
  3. Kepemimpinan.
  4. Membangun kerjasama kelompok.
  5. Membangun karakter.
  6. Berpikir kreatif.
4) Paket Nang Kupu (Penangkaran Kupu-Kupu)
Paket Nang Kupu merupakan paket pelatihan yang memberikan bekal pengetahuan kepada peserta tentang keanekaragaman kupu-kupu dan keterampilan menangkarkan kupu-kupu dan keterampilan menangkarkan kupu-kupu sebagai upaya konservasi kupu-kupu secara ex-situ.
Materi pelatihannya antara lain:
  1. Mengenal Kupu-Kupu lebih dekat
  2. Teknik penangkaran kupu-kupu
  3. Teknik pembuatan insektarium, khususnya dari bahan kupu-kupu.
5) Paket Ketan (Kerajinan Tulang Daun)
Paket Ketan merupakan paket pelatihan membuat beraneka ragam kerajinan tangan berbahan dasar awetan tulang daun. Kerajinan tangan tersebut dapat dibuat secara tiga dimensi dengan penambahan aksesoris dari organ tumbuhan maupun bahan sintetis, lukisan foto diri, karikatur, atau lainnya juga dapat dibuat di sini.

Untuk lebih lanjut dapat menghubungi www.omahkeboen.com
atau (024) 86455495 (Omah Keboen)
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon