Bagaimana Cara Menulis 10 Artikel Dalam Satu Hari?


Keterampilan menulis artikel sangat diperlukan terutama untuk mengelola blog/website. Meskipun blog yang dibangun kebanyakan berisi download film, gambar, atau pun musik, tetap saja diperlukan tulisan. Betul? Nah, apalagi bagi kita para blogger yang isi websitenya sebagian besar berisi tulisan.

Berikut ini beberapa cara agar kita bisa menghasilkan 10 tulisan dalam satu hari.


1) Mewujudkan Ide

Ide tulisan ada di mana-mana dan dari mana saja. Kita bisa mulai menulis hobi kita, keseharian kita, atau hal-hal yang menarik di sekitar kita. Bahkan, kebuntuan ide pun bisa jadi ide tulisan.

Bayangkan kita sedang tidak memiliki ide apa pun untuk ditulis. Jika terjadi seperti itu, coba kita gali apa yang menyebabkan kita tidak mood untuk menulis itu, misalnya kondisi fisik yang sedang lemah, pekerjaan yang menumpuk, atau tidak memiliki cukup waktu untuk menulis artikel. Nah, dari persoalan-persoalan tersebut, bisa kita wujudkan menjadi tulisan berjudul "Hambatan-hambatan dalam Menulis Artikel". Mudah kan?

Namun demikian, untuk membangun blog yang berkualitas seperti yang disyaratkan sebagai publisher Google AdSense, kita memang harus bisa menulis artikel dengan konten yang "kaya" dan dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

2) Membuat draft/kerangka tulisan

Bagi para penulis yang sudah mahir, mereka bisa menulis artikel dengan sekali duduk, dengan semudah berbicara, bahkan semudah meludah! Akan tetapi bagi kita yang belum mencapai taraf tersebut, kehadiran kerangka tulisan (draft) menjadi hal yang penting dalam persiapan menulis artikel.

Keuntungan bila kita membuat draft/kerangka tulisan adalah tulisan kita menjadi sistematis, tidak melenceng dari garis besar (tema/topik) tulisan, sekaligus memudahkan penulis dalam menulis artikel.

3) Menulis cepat

Salah satu hambatan seorang penulis pemula dalam menghasilkan tulisan adalah keinginan untuk membuat tulisan sekali jadi dan langsung bagus. Tentu saja itu salah. Bila kita belum mencapai taraf mahir, maka membuat tulisan langsung jadi tanpa editan adalah hal yang hampir mustahil. Bisa-bisa malah kita buntu dan tidak jadi menulis.

Oleh sebab itu, keuntungan menulis cepat adalah kita bisa menulis dengan ide-ide yang mengalir. Kita tinggal tuliskan saja apa yang ada di kepala kita.Bila sudah, baca kembali tulisan tersebut, endapkan, dan baru kita edit/sunting tulisan kita, buang yang tidak perlu, tambahi yang perlu ditambahkan, dan finishing tulisan kita.

4) Mempunyai waktu menulis favorit

Tidak bisa dimungkiri bahwa seseorang perlu memiliki waktu menulis favorit. Waktu menulis favorit ini bisa berbeda bagi masing-masing penulis. Ada seseorang yang suka menulis pada tengah malam, sebelum subuh, pagi hari sambil ngopi, menulis ketika sedang bahagia, menulis hanya ketika sedang sedih, atau hanya menulis pada waktu senggang.

Bila kita memiliki waktu yang telah dijadwalkan itu, cobalah untuk tetap konsisten menulis pada waktu tersebut. Nanti kita akan tiba-tiba menyadari bahwa kita telah menghasilkan banyak tulisan. :)

Demikian sedikit cara menulis 10 artikel dalam satu hari. Semoga postingan ini bermanfaat bagi Anda.
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon