Bermain dan Belajar Bersama Mahasiswa Luar Negeri

rifanfajrin.com

Bermain dan Belajar Bersama Mahasiswa Luar Negeri

Anak-anak SD Labschool Unnes Semarang bersorak gembira. Pasalnya mereka kedatangan mahasiswa-mahasiswa asing dari Asia Tenggara, Kamis (29/8), di SD Lab. School Unnes. Selain berasal dari Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, beberapa dari mereka berasal dari Jepang dan Taiwan.

Mahasiswa-mahasiswa itu datang ke Indonesia dalam rangka mengamati dan mempelajari seni dan budaya Indonesia. Selama satu minggu kunjungan mereka ke Indonesia, mereka menyempatkan diri mengunjungi SD Lab. School Unnes. Di SD Lab. School Unnes, mahasiswa-mahasiswa luar negeri itu mendapat kesempatan berinteraksi, berkenalan, bermain, dan bernyanyi bersama anak-anak.

rifanfajrin.com
Sesi perkenalan antara para Mahasiswa dari Asia Tenggara itu dengan siswa-siswi SD Labschool Unnes

rifanfajrin.com
Sesi perkenalan terasa begitu hangat. Mereka berbincang seolah-olah sudah cukup lama kenal. :)


Keceriaan, keakraban, dan kehangatan terpancar ketika mahasiswa-mahasiswa tersebut mengajak anak-anak bermain “ular-ularan” di dalam kelas dan beberapa permainan lainnya. Ketika mereka bercerita tentang asal-usul negara Thailand, anak-anak juga menyimak dengan seksama. Sesekali anak-anak berdecak kagum dan menyatakan keinginannya untuk bisa ke luar negeri. Sedikit-sedikit mereka belajar bagaimana mengucap “Selamat Pagi” dalam bahasa Thailand, Vietnam, atau Jepang. Tak ketinggalan, anak-anak juga diajak menyanyikan salah satu lagu dari daerah Vietnam.

Setelah bermain dan bernyanyi dengan anak-anak, para mahasiswa itu menikmati sajian seni gamelan dan karawitan yang dimainkan anak-anak kelas lima dan enam. Mereka sangat menikmatinya. Beberapa dari mereka mencoba ikut memainkan alat musik itu.


rifanfajrin.com
Mazaya Salma sedang memainkan bonang, salah satu alat musik gamelan.

rifanfajrin.com
Siswa-siswi SD Labschool Unnes sedang unjuk kebolehan memainkan gamelan. :)

rifanfajrin.com
Ildo Novisto Eryansha, pemain kendang Seni Karawitan Sekar Laras Labschool Unnes menemani salah satu mahasiswa untuk menjajal kendang.

rifanfajrin.com
Aryoshi Wicaksono menemani menjajal gambang

rifanfajrin.com
SIIIPP!! Budaya Indonesia Luar Biasa!
Kira-kira seperti itu yang ingin diungkapkan. :)

Lebih kurang dua jam mahasiswa-mahasiswa itu mengunjungi SD Lab. School. Mereka terkesan dengan keceriaan dan keramahan anak-anak. “Berbeda dengan anak-anak di negara kami, anak-anak di Indonesia sangat terbuka terhadap orang dari luar negeri yang baru dikenal,” kata salah satu mahasiswa. [Rifan Fajrin]
Previous
Next Post »

Terima kasih telah membaca.
Berikan tanggapan Anda di kolom komentar. EmoticonEmoticon